Billy Mambrasar, Putra Papua Pertama yang Diterima di Universitas Harvard

Home / Pendidikan / Billy Mambrasar, Putra Papua Pertama yang Diterima di Universitas Harvard
Billy Mambrasar, Putra Papua Pertama yang Diterima di Universitas Harvard Billy Mambrasar (FOTO: Dokumen pribadi Billy Mambrasar)

TIMESPALU, JAKARTABilly Mambrasar, seorang pegiat kewirausahaan sosial asal Papua, akhirnya menjadi Putra Papua pertama yang berhasil diterima di Universitas Harvard

Kabar menggembirakan ini dapat dilihat di video yang diunggah oleh Billy Mambrasar, di akun youtubenya. Di dalam video berdurasi 6 menit tersebut, terlihat Billy yang saat itu sedang berada di kampusnya, Universitas Oxford, dengan ditemani oleh salah satu sahabatnya, membuka email dari kampus tempat orang-orang hebat dunia seperti Barrack Obama, Mark Zuckerberg, dan Bill Gates belajar.

Billy-Mambrasar-2.jpg

Pada waktu yang bersamaan, keluarga besar Billy di tanah kelahirannya, yaitu di Papua, juga menanti dengan harap-harap cemas, apa hasil dari pengumuan tersebut.

Kabar kelulusan dari Harvard tersebut, dalam bentuk Video yang dikirimkan oleh Universitas Harvard, juga disambut dengan sorak sorai kegembiraan Papa dan Mama Billy, dan kedua adiknya.

“Semoga Billy menjadi inspirator bagi kaum milenial Papua dan lebih lagi dapat membawa kemampuan bagi wagra Papua,” ucap Ayah Billy, dalam video tersebut, dilihat Selasa (30/6/2020).

Billy tak pernah mengira bahwa dirinya dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi ternama di dunia itu. Terlebih banyak mahasiswa lain yang dianggapnya lebih hebat dari dirinya. Hal itu tentu tidak pernah terlintas dalam benaknya.

Rasa haru dan senang menyelimuti keluarganya yang juga merasa sangat bangga mendengar Billy dapat lolos seleksi Universitas Harvard. 

Kelulusan Billy Mambrasar di Universitas Harvard ini memiliki makna yang sangat besar dan mendalam untuk putra kelahiran Bumi Cenderawasih ini.

“Ini merupakan momen bagi anak kampung seperti saya, untuk membuktikan bahwa kami juga bisa bersaing masuk ke kampus nomor 1 dan nomor 2 dunia, seperti Harvard dan Oxford. Semoga kisah saya ini dapat memotivasi banyak orang yang melihatnya nanti,” ujar mantan penjual kue yang kini juga bekerja sebagai salah satu Staf Khusus Presiden RI.

Billy-Mambrasar-3.jpg

"Puji Tuhan saya bersyukur sekali menjadi Putra Papua pertama yang akan belajar di kampus yang melahirkan presiden-presiden Amerika terbanyak ini, dan hal ini dapat mendorong, memberikan harapan, inspirasi dan motivasi bagi lebih banyak lagi anak-anak Papua untuk berkuliah di kampus top dunia, seperti Harvard, Oxford, MIT, Cambridge, Stanford, dan kampus berperingkat tinggi lainnya, dan saya ingin membanggakan Masyarakat Indonesia dengan ini,” imbuh Billy Mambrasar berharap.

Billy Mambrasar adalah pendiri Yayasan Kitong Bisa, yang berperan aktif memberikan pengajaran gratis untuk anak-anak Papua, dan juga memberikan beasiswa untuk mereka melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Putra Papua pertama yang berhasil diterima di Universitas Harvard ini juga baru saja melaunching gerakan: “Bawa Perubahan”, atau Baper bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, serta aktif berkarya melalui video-video motivasi dan inspirasi yang di luncurkan di akun youtubenya: Billy Mambrasar.

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com