BRI Palu Luncurkan Pasarpalu.com untuk Bantu Pelaku UMKM

Home / Berita / Bantu Pelaku UMKM, BRI Palu Luncurkan Pasarpalu.com
Bantu Pelaku UMKM, BRI Palu Luncurkan Pasarpalu.com Pimpinan BRI Cabang Palu Ekwan Darmawan saat mencoba sepeda motor ojek pasar (opas). (Foto: Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESPALU, PALU – Bank Rakyat Indonesia (BRI Palu) meluncurkan situs pasarpalu.com untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Pimpinan BRI Cabang Palu Ekwan Darmawan, nantinya konsumen yang berbelanja di pasarpalu.com ini langsung di arahkan ke kontak pelaku UMKM.

“Program ini merupakan langkah Bank BRI untuk membantu meningkatkan kembali omset para pelaku UMKM Palu yang turun selama pandemi Covid-19,” kata Ekwan.

Sementara untuk pengantarannya, BRI juga menyediakan ojek kurir yang dinamai dengan ojek pasar atau opas yang nantinya menjemput barang pesanan konsumen.

“Pasarpalu.com juga ini menjadi salah satu cara untuk menghindari potensi penularan Covid-19 dari transaksi secara tunai,” ucapnya.

Ekwan mengatakan program pasarpalu.com ini merupakan rangkaian dari apa yang sudah dilakukan BRI sebelumnya. Selain itu, BRI membantu UMKM sebagai bentuk keprihatinan karena ketika pandemi terjadi pelaku UMKM sangat terpukul.

“Ketika pandemi Covid-19 terjadi, UMKM kita sangat terpukul. Perlu kita ketahui, beberapa krisis yang menimpa negara ini, UMKM selalu bangkit dan menjadi garda terdepan. Namun, saat bencana non alam ini terjadi UMKM adalah sektor yang pertama yang kena imbas,” jelasnya.

Awalnya, lanjut dia, Pasar Palu ini dibentuk saat BRI membantu pelaku UMKM nasabah BRI untuk menyebarkan brosur di media sosial. Namun, hal itu dianggap tidak maksimal. Sehingga, BRI melihat peluang untuk membuat pasarweb.

“Mungkin ini bukan yang pertama kali dilakukan bagi penjual online secara umum. Tapi untuk UMKM skala lokal hal ini belum pernah terjadi. Karena selama ini yang terlihat hanya pasarweb skala nasional yang menjual barang-barang yang tidak terkait dengan UMKM. Nah di pasarpalu.com ini menjual segala macam mulai dari telur, sayur mayur dan hasil pertanian lainnya,” jelasnya.

Ia menyebutkan ide pasarpalu.com ini sudah terdengar hingga BRI pusat. Sehingga saat itu juga direktur menginstruksikan untuk semua Cabang BRI seluruh Indonesia untuk mencontoh pasarpalu.

“Saat ini kami sudah memiliki sekitar 3000 pasar web yang dibina oleh BRI,” ucapnya.

Hingga saat ini, khsusus anggota Pasarpalu sudah mencapai 225 tenan atau lapak. BRI akan terus membuka peluang bagi UMKM baik yang sudah menjadi nasabah maupun belum.

“Kami sediakan lapak web ini gratis tanpa persyaratan yang berbelit-belit tinggal dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelaku UMKM, ” jelasnya.

Sementara itu, pelaku UMKM, Fais mengatakan, pasarpalu.com dri BRI Palu ini sangat membantu pelaku UMKM seperti dirinya yang menjalankan usaha warung makan. Menurutnya yang menjadi kendala awal terjadi pandemi Covid-19 adalah tidak adanya jasa pengantaran. "Hadirnya pasarpalu.com ini sangat membantu kami karena untuk jasa pengantaran BRI juga bekerjasama dengan opas," ungkapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com