Jemaah Shalat Id Padati Masjid An Nur Daruba Pulau Morotai

Home / Berita / Jemaah Shalat Id Padati Masjid An Nur Daruba Pulau Morotai
Jemaah Shalat Id Padati Masjid An Nur Daruba Pulau Morotai Suasana Shalat Id di Masjid An Nur Daruba Pulau Morotai. (Foto: Husain/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESPALU, PULAU MOROTAIShalat Id di Hari Raya Idul Fitri 1441 H di Kabupaten Pulau Morotai kali ini dilaksanakan di Masjid di setiap Desa masing masing. Setelah Satgas Covid-19 bersama MUI, PHBI dan para Imam bersepakat dalam rapat di Marahai Villa, Jumat (22/5/2020).

Pantauan TIMES Indonesia untuk pusat kota Daruba sebagai ibu kota kabupaten ada empat masjid besar yang menjadi kosentrasi jemaah melaksanakan shalat id, yakni masjid desa Daruba, Gotalamo, Muhajirin dan Desa Yayasan.

TIMES Indonesia sendiri berkosentrasi shalat di Masjid An Nur Desa Daruba. Terlihat sejak pukul 06:30 WIT masjid yang berukuran 30 kali 50 itu telah dipadati para jemaah baik laki laki maupun perempuan. Jemaah perempuan sendiri ditempatkan di tenda luar masjid.

Terlihat pula protokol kesehatan dijalankan oleh satgas desa, disiapkan tempat cuci tangan dan setiap jamah di scener suhu tubuhnya. Namun, usai shalat, jemaah terlihat saling jabat tangan antara jemaah satu dengan yang lain sebagai bentuk silaturahim.

"Kita di sini zona aman dari virus Corona, sehingga kita tidak khawatir, karena sebelumnya sebulan penuh Ramadhan seluruh jemaah shalat di Masjid ini," ungkap Hamjah Baba, wakil imam masjid An Nur Daruba.

Shalat dimulai serentak pada pukul 07.30 WIT, jemaah masjid tumpah ruah hingga tenda di luar masjid. Kurang lebih lima ratus orang. Shalatpun berlangsung seperti biasa, safnya rapat dan padat dan tidak ada rasa was was sedikitpun dihati para jemaah shalat id.

Di-saf depan terlihat sejumlah anggota DPRD asal Desa Daruba yakni Hi Zainal Karim dan Suaib Hi Kamel, selain itu sejumlah pejabat ASN juga terlihat di saf pertama, kedua dan ketiga.

Suasana tumpah ruah para jemaah shalat Id membuat mereka terharu. Sudah sekitar 10 tahun lebih mereka tidak lagi melaksanakan sholat idul Fitri maupun idul Adha di Masjid. Karena, selama ini pemerintah fokuskan di lapangan MTQ.

"Syukur alhamdulilah karena virus corona, hari kami jamah An Nur Desa Daruba bisa shalat Idul Fitri di masjid ini, yang mana sudah 10 tahun lebih tidak pernah digelar shalat Id di masjid, karena untuk pusat kota Daruba Pemda fokuskan di satu titik yakni lapangan bola MTQ," ujar Darwin, penuh haru.

Masjid An Nur sendiri dalam shalat Id kali ini menurunkan imam senior Hi Imuti Kira, pengantar khutbah wakil imam Hamja Baba dan Khatib dari kantor Kementerian Agama Kabupaten Pulau Morotai, In Ahmad, S.Ag M.Pd. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com